Tuesday, March 14, 2017

KEWIRAUSAHAAN

Dibuat oleh : Retno Saputri Utami

NPM: 17615545
Kelas: 2SA05

Pengertian Kewirausahaan

Menurut Drs. Joko Untoro bahwa kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya-upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seorang atas dasar kemampuan dengan cara memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.Dalam buku Enterpreneurial Finance oleh J.Leach Ronald Melicher bahwa kewirausahaan adalah sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga) "proces of changing ideas into commercial opportunities and creating value"Dalam buku Enterprenuership: Determinant and policy in European-Us Comparison bahwa kewirausahaan adalah proses mempersepsikan, memperoses, dan mengejar peluang ekonomi " process op perceiving , creating and pursuing economic opportunities." dalam buku tersebut dikatakan bawha proses dari kewirausahaan sulit dilakukan.


Pengertian WirausahaEnterpreneur atau wirausaha adalah seorang yang mengambil resiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengola suatu bisnis menerima imbalan jasa berupa profit nonfinancial ( skinner, 1992).


Tujuan Berwirausaha
Berikut beberapa tujuan dari seorang wirausaha yang seharusnya:
  • Berusaha dan bertekad dalam meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik dengan kata lain ikut serta dalam mengader manusia manusia calon wirausaha untuk membangun jaringan bisnis yang lebih baik
  • Ikut serta dalam mewujudkan kemampuan para wirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan Negaranya
  • Ikut serta dalam menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran serta orientasi kewirausahaan yang kokoh.
  • Menyebarluaskan dan membuat budaya ciri ciri kewirausahaan disekitarnya terutama dalam masyaraka
  • Mengembangkan dalam bentuk inovasi dan kreasi agar tercipta dinamika dalam kewirausahaan atau dunia bisnis sehingga kemakmuran dapat tercapa

Ciri ciri kewirausahawan yang handal dan profesional 
  •  Yakin terhadap produk yang dimiliki 
  • Mengenal sangat banyak produknya 
  • Tidak berdebat dengan calon pelanggan 
  • Komunikatif dan negosiasi Ramah dalam pelayanan 
  • Santun Jujur dan berani
  • Menciptakan transaksi

Jika saya diberi kesempatan untuk membangun sebuah usaha, saya akan membuat usaha warung kopi / Coffee Shop. kenapa saya memilih usaha tersebut ??? dikarenakan kesenangan saya yang sering mengunjungi coffee shop yang unik, dari situlah saya mempunyai keinginan untuk membangun bisnis tersebut.

Hal-hal penting sebelum membangun usaha tersebut.


Membuat rencana bisnis yang kuat



 sebelum membangun usaha cafe,  tentunya kamu harus membuat sebuah business plan yang matang. Yang termasuk di dalam business plan ini adalah gerai kopi seperti apa yang ingin kamu dirikan, bagaimana coffee shop ini mendatangkan keuntungan, kostumer seperti apa yang menjadi sasaran kamu, memelajari para kompetitior kamu, merencanakan perkembangannya di masa depan serta memelajari pemecahan masalah jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Sebuah business plan sangat dibutuhkan saat kamu memulai bisnis ini. Karena tanpa rencana sebuah gerai mungkin takkan bisa berjalan seperti yang diharapkan.

Konsep

sebelum memulai bisnis ini, kamu juga harus memikirkan konsep apa yang akan dibawa oleh coffee shop kamu. Jika konsep telah terbentuk, tentunya akan memudahkan kamu untuk membuat interior dan juga menilik target pasar. Konsep yang terbentuk dengan matang akan membantu bagaimana interior terbangun kelak. Karena sebuah coffee shop tentulah mengunggulkan kenyamanan maka interior yang menarik dan nyaman juga diperlukan. Semuanya akan dengan mudah diwujudkan jika kamu sudah memiliki konsep yang jelas.




Interior
Jika konsep sudah benar-benar matang, maka kamu harus memikirkan interior yang sesuai konsep kafe kamu. Interior haruslah nyaman dan membuat pelanggan betah saat menikmati makanan dan minuman. Perhatikan pemilihan meja dan kursi, pencahayaan dan juga warna ruangan. Karena semua elemen tersebut membantu membuat gerai kopi kamu menjadi nyaman.









Diperlukan Seorang Akuntan
Jasa akuntan sangat diperlukan di sebuah coffee shop. Keahlian akuntan yang hadir di kafe kamu akan membantu banyak hal. Pembukuan dan laporan akan memudahkan kamu mengontrol segala hal yang melibatkan finansial. Dengan hadirnya akuntan, kamu tak perlu repot lagi memikirkan urusan finansial yang tentunya tak bisa dianggap enteng karena merupakan hal inti yang memengaruhi berhasilnya gerai kopi yang kelak akan kamu dirikan. Jika kamu menekan budget untuk menyewa jasa seorang akuntan, kamu bisa belajar menjadi akuntan. Jadilah akuntan untuk kafe kamu sendiri tapi sebelumnya harus benar-benar belajar dari mereka yang sudah ahli.


Pendanaan
Mendirikan sebuah coffee shop tentunya memerlukan dana yang tidak sedikit. Jika kamu telah memiliki modal yang cukup, mungkin masalah dana awal bukanlah hal yang besar. Tapi jika kamu ingin mendirikan gerai dengan investor atau teman-teman, masalah pendanaan harus dibicarakan matang-matang. Buatlah perjanjian sebelum bisnis berjalan. Segala sesuatu yang menyangkut bisnis harus berasaskan terus terang agar tak menimbulkan hal-hal kurang menyenangkan di kemudian hari.
Sebelum menghabiskan tabungan kamu, kamu harus tahu bahwa untuk enam bulan ke depan kafe kamu mungkin belum menghasilkan keuntungan. Segala usaha yang baru dirintis biasanya merugi dulu pada awalnya. Untuk itu sangat disarankan kamu memiliki tabungan yang cukup menghidupi kamu sampai enam bulan ke depan. Karena kamu pasti tidak mau hidupmu terganggu secara finansial gara-gara bisnis ini belum menghasilkan.


Pemasaran
Berada di lokasi yang strategis tidaklah cukup untuk membuat coffee shop kamu dikenal orang. Kamu memerlukan strategi lebih agar bisnis ini diketahui dan meluas ke berbagai kalangan. Dan di sinilah kekuatan marketing dibutuhkan. Pada pembukaan hari pertama mungkin kamu bisa memberi sampel kopi gratis kepada pelanggan. Selain itu mungkin kamu bisa membuat promo sampai batas waktu yang ditentukan agar menjaring pelanggan. Optimasi sosial media yang sekarang menjadi salah satu layanan iklan gratis yang cukup efektif. Jangan pernah abaikan kekuatan sosial media karena sekarang sosial media sangat banyak membantu bisnis seperti ini. Selain itu mungkin kamu bisa mengundang beberapa media untuk datang dan meliput kafe kamu. Juga bisa mengadakan workshop menarik yang membuat pelanggan datang dan tentu sambil terus berinovasi.
Intinya pemasaran jangan hanya dilakukan pada awal pembukaannya saja. Pemasaran harus dilakukan terus menerus untuk pertumbuhan bisnis yang lebih baik.


Eksterior
Interior menarik dan nyaman memamg merupakan faktor penting. Tapi jangan pernah lupakan pentingnya eksterior sebuah gerai kopi. Kenapa? Karena eksterior menarik adalah faktor pertama yang dilihat orang. Eksterior unik akan menarik orang untuk masuk karena rasa penasaran yang dia punya. Jadi sangat disarankan untuk membuat eksterior yang bisa memancing keingintahuan orang terhadap kafe kamu.

Kualitas Rasa

Semua hal dipaparkan di atas tidak akan ada gunanya jika makanan dan minuman yang dihasilkan kamu jauh dari kualitas yang diharapkan. Jadi pastikan makanan dan minuman yang ada di kafe kamu terjaga kenikmatannya dan membuat pelanggan tak mudah lupa dan tentunya mau jadi pelanggan setia.\









Untuk saat ini saya masih belum memiliki syarat-syarat untuk membuka usaha tersebut seperti yang tertulis diatas, saya akan memulai mencari tau dari sekarang supaya keinginan  saya untuk membangun usaha coffee shop akan terwujud.


Sumber

https://majalah.ottencoffee.co.id/hal-hal-penting-sebelum-memulai-coffee-shop/ diambil pada tanggal 12 Maret 2017
http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-kewirausahaan-dan-wirausaha-serta-ciri-dan-tujuannya.html# diambil pada tanggal 12 Maret 2017
http://www.jatikom.com/2016/03/makalah-kewirausahaan-terlengkap.html diambil pada tanggal 12 maret 2017



0 comments:

Post a Comment

Created By Sora Templates